wellcome in my blog

selamat datang di http://th3canada.blogspot.com
anda bisa menambah dan berbagi pengetahuan di blog kami ini.semoga bisa bermanfaat bagi kita semua.

Selasa, 27 Desember 2011

PENGERTIAN MICROSOFT POWER POINT


MICROSOFT OFFICE POWER POINT

Pengertian

Power point adalah sebuah program computer untuk presentasi yang dikembangkan oleh Microsoft didalam paket aplikasi kantor mereka, Microsoft office, selain Microsoft word, excel, access, dan beberapa program lainnya. Power point berjalan diatas computer PC berbasis Microsoft windows dan juga apple macintosh yang menggunakan siste oprasi Apple Mac OS, meskipun pada awlnya aplikasi ini berjalan diatas  system operasi xenix. Aplikasi ini sangat banyak digunakan, apalagi oleh kalangan perkantoran dan pebisnis, para pendidik, siswa, dan trainer.

Sejarah

Aplikasi power point ini pertama kali dikembangkan oleh bob gaskins dan denis Austin sebagai presenter untuk perusahaan bernama forethought, Inc yang kemudian berubah namanya menjadi power point.

Pada tahun 1987, Power point versi 1.0 dirilis, dan computer yang didukungnya adalah apple macintosh. Power point kala itu masih menggunakan warna hitam/putih, yang mampu membuat halaman teks dan grafik untuk teransparansi overhead projector (OHP), setahun kemudian, versi baru Power point muncul dengan dukungan warna, setelah macintosh berwarna muncul ke pasaran.

Microsoft pun mengakui sisi forethought, inc, dan tentu saja perangkat lunak Power pointdengan harga kira kira 14 juta dolar pada tanggal 031 juli 1987. pada tahun 1990 versi Microsoft windows dari Power point (versi 2.0) muncul kepasaran, mengikuti jejak Microsoft windows 3.0. sejak tahun 1990 microsoft Power point telah menjadi bagian standar yang tidak terpisahkan dalam paket aplikasi kantoran Microsoft office system (kecuali basic edition)

Operasi

Dalam power point, seperti halnya perangkat lunak pengolah presentasi lainnya. Objek teks, grafik, video, suara, dan objek objek lainnya diposisikan dalam beberapa halaman individual yang diebut dengan “slide” istilah slide dalam power point ini memiliki analogi yang sama dengan slide dalam proyektor biasa, yang telah kuno. Akibat munculnya perangkat lunak kompuer yag mampu mengolah presentasi semacam Power point dan impress. Setiap slide dapat dicetak  dan ditampilkan dalam layar  dan dapat dinavigasikan melalui perintah dari sipresenter. Slide juga dapat membentuk dasar wab cast (sebuah siaran di world wide web)

Pwer point menawarkan dua jenis property pergerakan, yakni costum animations dan transition. Property pergerakan Entrance, Emphasis, dan Exit objek dalam sebuah slide dapat diatur oleh Costum Animation. Sementara transition mengatur dari satu slide ke slide yang liannya. Semuanya dapat dianimasikan dalam banyak cara. Desain keseluruhan dari sebuah presentasi dapat diatur dengan menggunakan master slide, dan struktur keseluruhan dapat disunting dengan menggunakan primitive Outliner (outline).

Power point dapat menyimpan presentasi dalam beberapa format, yakni sebagai berikut :

  • * PPT (Power Point Presentasi), yang merupakan data biner dan tersedia dalam semua versi Power Point (termasuk power point 12).
  • * PPS (Power Point show) yang merupakan data biner dan tersedia dalam semua versi Power Point (termasuk power point 12).
  • *POT ((Power Point template) yang merupakan data biner dan tersedia dalam semua versi Power Point (termasuk power point 12).
  • *PPTX (Power Point show) yang merupakan data dalam bentuk XML dan hanya tersedia  dalam power point 12.




Membuka dan menutup Power point

Membuka power point menggunakan windows Xp

·         Klik
·         Klik program /all program
·         Klik Microsoft office
·         Klik MS power point

Untuk lebih jelasnya lihat gambar dibawah ini:


Menutup / mengakhiri power point
·         Klik tombol klose (X)
·         Klik file pada menu bar pada deretan paling atas, dan tekan Close atau Exit
·         Tekan Alt + F4
Bila muncul pertanyaan untuk menyimpan, pilih yes atau No.


Template
 Adalah contoh atau pola, yaitu presentasi dengan latar belakang atau background yang disisipkan oleh MS. Power Point. Dengan memilih salah satu pola kita dapat membuat sajian dengan latar belakang dan warna pilihan kita.

Langkahnya:
·         Arahkan pointer mouse ke template
·         Klik ok.
·         Selanjutnya bila tampil menu, pilih template yang diinginkan, setelah selesai memilih selanjutnya klik ok.

Menggunakan blank prestasi
Pada dasarnya bila kita ingin membuat presentasi, maka gunakan blank prestation, sebab dengan presentasi yang masih kosong kita bebas berimajinasi.

            Langkahnya:
·         Arahkan pointer mouse ke blank prestation
·         Klik ok.
·         Selanjutnya bila tampil menu, pilih jenis slide yang sesuai, kemudian klik ok

Menyimpan dan memanggil /membuka file

            Menyimpan file
            Langkah-Langkahyang harus dilakukan  :
·         Klik file, save atau save as
·         Ketik nama filenya
·         Dan klik save
Memanggil / membuka file
Langkah-Langkah harus dilakukan  :
·         Klik file, Open
·         Ketik nama file/ cari nama filenya

Menyisipkan slide baru

`           Ada dua cara:
1.      Slide yang belum pernah ada (baru/ tambahan)
Klik Slide outline pada sebelah kiri layar anda

2.      Yang diambil atau pindah dari file yang ada
·         Klik insert
·         Klik slide from file
·         Klik browse dan ikuti kotak deretan slide
·         Pilih slide yang dikehendaki

Tidak ada komentar:

Posting Komentar