wellcome in my blog

selamat datang di http://th3canada.blogspot.com
anda bisa menambah dan berbagi pengetahuan di blog kami ini.semoga bisa bermanfaat bagi kita semua.

Selasa, 27 Desember 2011

Penyakit Demam Berdarah


DEMAM BERDARAH
Demam berdarah (DBD adalah penyakit demam akut yang disebabkan oleh virus dengue, yang masuk ke peredaran drah manusia melalui gigitan nyamuk dari genus aedes misalnya aedes aegypti atau aedes albopictus. Terdapat 4 jenis virus. Dangue  berbeda, namun berelasoi dekat, yang dapat menyebabkan demam berdarah. Virus dangue merupakan virus flavivirus. Penyakit demam berdarah ditemukan di daerah tropis dan subtropics di berbagai belahan dunia. Terutama dimusih hujan yang lembab.
Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) memperkirakan setiap tahunnya terdapat  50.100 juta kasus infeksi virus dangue di seluruh dunia.

PENYEBAB
Virus Dangue adalah penyebab penyakit demam berdarah
Nyamuk Aedes Aegypti adalah vaktor pembawa virus
Penyebab utamanya adalah Virus dangue yang merupakan virus dari flaviviridae. Terdapat 4 jenis virus dengue  yang diketahui dapat menyebabkan penyakit  demam berdarah. Keempat firus tersebut adalah DEN1, DEN 2, DEN 3, dan DEN 4.
                                                                                 
Gejala Demam Berdarah
Gejala demam berdarah baru muncul saat seorang yang pernah terinfeksi oleh salah satu dari keempat virus dengue  mengalami infeksi oleh jenis virus dengue yang berbeda. Sistem imun yang terbentuk dalam tubuh setelah infeksi yang pertama malah akan mengakibatkan kemunculan gejala gejala yang lebih parah saat terinfeksi untuk yang ke dua kalinya seseorang dapat terinfeksi oleh sedikitnya dua jenis virus dengue selama masa hidup. Namun virus yang sama hanya dapat menginfeksi satu kali akibat sistem imun tubuh yang terbentuk.
Virus dengue dapat masuk ke tubuh manusia gigitan vektor pembawanya yaitu nyamuk dari genus aede, seperti aegypti betina dan aedes albopictus. Aedes aegypti adalah vektor yang paling banyak menyebabkan penyakit ini. Nyamuk dapat membawa virus dengue setelah menghisap darah orang yang terinfeksi virus tersebut. Sesudah inkubasi virus didalam nyamuk selama 8-10 hari, nyamuk yang terinfeksi dapat mentrasmisikan virus dengue tersebut ke manusia sehat yang digigitnya. Nyamuk betina juga dapat menyebarkan virus dengue yang dibawanya ke keturunannya melalui telur(transovarial).

MANIFESTASI KLINIS
Infeksi virus dengue dapat bermanifestasi pada beberapa luaran, meliputi demam biasa, demam berdarah (klasik), demam berdarah dengue.
demam berdarah menunjukan gejala yang umumnya berbeda beda, tergantung dari usia pasien. Gejala yang umum terjadi pada bayi dan anak anak adalah demam dan munculnya ruam, sedangkan usia remaja dan dewasa gejala yang tampak adalah demam tinggi, sakit kepala parah, nyeri dibelakang mata, nyeri pada sendi dan tulang, mual dan muntah serta munculnya ruam pada kulit. Penurunan jumlah sel darah putih (leukopenia) dan penurunan keping darah atau trombosit  juga sering kali dapat diobservasi pada pasien demam berdarah. Pada beberapa epidemi pasien juga menunjukan pendarahan yang meliputi mimisan, gusi berdarah, pendarahan saluran cerna, kencing berdarah (haematuria)dan pendarahabn berat saat menstruasi.

PENCEGAHAN
Pengasapan atau fogging bermanfaat membunuh nyamuk aedes dewasa untuk penyebaran demam berdarah.. hingga kini belum ada vaksin atau obat antivirus bagi penyakit ini.
Pengendalian nyamuk tersebut dapat di lakukan dengan menggunakan beberapa methode yang tepat yaitu:


  • Lingkungan
Pencegahan dapat dilakukan dengan mengendalikan vektor nyamuk antara lain dengan menguras bak mandi/ penampungan air sekurang kurangnya sekali seminggu, mengganti/menguras vas bunga dan tempat minum burung seminggu sekali, menutup dengan rapet tempat penampungan air, mengubur kaleng kaleng bekas, akibekas, dan ban bekas disekitar rumah, dan perbaikan desain rumah.
  • Biologis
Secara biologis vektor nyamuk pembawa virus dengue dapat dikontrol dengan menggunakan ikan pemakan jentik dan bakteri.
  • Kimiawi
Pengasapan  (fogging) dapat membunuh nyamuk dewasa, sedangkan pemberian bubuk abate pada tempat tempat penampungan air dapat membunuh jentik jentik nyamuk. Selain itu dapat juga menggunakan larvasida.

PENGOBATAN
            Obat yang mengandung acetaminofen, misalnya tilenol, sangat dianjurkan bagi penderita demam berdarah untuk meredakan nyeri dan menurunkan demam. Untuk saat ini belum ada obat spesifik bagi penderita demam berdarah. Banyak yang sembuh dari penyakit ini dalam jangka waktu 2 minggu.
Untuk demam berdarah yang tidak terlalu parah adalah pemberian cairan tubuh  (lewat minuman atau elektrolit). Untuk mencegah dehidrasi akibat demam dan muntah, konsumsi obat yang mengandung acetaminophen (misalnya tilenol)untuk mengurangi nyeri dan menurunkan demam serta banyak beristirahat. Aspirin dan obat anti peradangan nonsteroidal seperti ibuprofen dan sodium naproxen justru dapat meningkatkan resiko pendarahan bagi pasien yang demam berdarahnya lebih parah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar