wellcome in my blog

selamat datang di http://th3canada.blogspot.com
anda bisa menambah dan berbagi pengetahuan di blog kami ini.semoga bisa bermanfaat bagi kita semua.

Selasa, 27 Desember 2011

Pengertian Teknologi WAP



Teknologi WAP (wireless Aplication Protocol) WAP adalah sebuah protocol atau sebuah teknik messaging service yang memungkinkan sebuah hp digital atau terminal mobile yang mempunyai fasilitas WAP, melihat / membaca isi sebuah situs di internet dalam sebuah format text khusus.

Keterbatasan perangkat WAP antara lain:
1)       Kemampuan central prossesing unit (CPU) yang lebih rendah dibandingkan CPU yang digunakan pada perangkat wired (seperti komputer).
2)       Keterbatasan ukuran memori.
3)       Penghematan pengguna catu daya (power) yang biasanya menggunakan baterai.
4)       Ukuran display yang lebih kecil dan terbatas.
5)       Input device yang berbeda dengan device biasa.

Desain dari informasi yang dikirimkan melalui WAP biasanya menggunakan format WML, Wireless Markup Language. WML ini mirip HTML, hanya lebih spesifik untuk perangkat wireless yang memiliki keterbatasan.


Teknologi VSAT


VSAT (Very Small Aperture Terminal) adalah stasiun penerimaan sinyal dari satelit dengan antena penerima berbentuk piringan dengan diameter kurang dari tiga meter.
Fungsi utama dari VSAT adalah untuk menerima dan mengirim data kesatelit. Satelit berfungsi sebagai penerusan sinyal untuk dikirimkan ketitik lainnya diatas bumi.

Sistem ini mengadopsi teknologi TDM dan TDMA. Umumnya konfigurasi VSAT adalah seperti bintang. Piringan yang ditengah disebut hub dan melayani banyak piringan lainnya yang berlokasi ditempat yang jauh. Hub berkomunikasi dengan piringan lainnya menggunakan kanal TDM dan diterima oleh semua piringan lainnya. Piringan lainnya mengirimkan data ke hub menggunakan kanal TDMA. Dengan cara ini diharapkan dapat memberi koneksi yang lebih baik untuk semua data, suara, dan fax. Semua lalu lintas data harus melalui hub ini, bahkan jika suatu piringan lainnya hendak berhubungan dengan piringan yang lainnya. Hub ini mengatur semua rute data pada jaringan VSAT.

Pendapat umum mengatakan bahwa koneksi dengan satelit adalah koneksi yang paling cepat. Kenyataannya adalah tidak. Waktu yang dibutuhkan dari satu titik diatas bumi ketitik yang lainnya melalui satelit adalah  sekitar 700 milisecond, sementara leased line hanya butuh waktu sekitar 40 milisecond. Hal ini disebabkan jarak yang harus ditempuh oleh data yaitu dari bumi kesatelit dan kembali kebumi. Satelit geostasioner sendiri berketinggian sekitar 36.000 kilometer diatas permukaan bumi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar